MENCEGAH VIRUS KERITING BULE TOMAT

Penyakit yang sering menyerang tanaman tomat dan berdampak serius pada pertumbuhan dan hasil adalah penyakit yellow yang disebabkan oleh Tomato yellow leaf curl virus (TYLCV) yang menyebabkan daun mengalami klorosis (yellowing) dan mengkerut/ keriting (curly) pada tumbuhan tomat. Penyakit yellow atau virus kuning ini sering disebut dengan penyakit keriting bule.
selain daun menjadi kriting dan kuning akibat serangan virus ini daun menggulung, mengeras dan tebal dibanding tanaman yang sehat tidak terserang, ukuran daun juga mengalami penyusutan. Penyakit ini ditularkan oleh serangga vektor kutu kebul yang merupakan vektor utama penyakit ini.
 
PENCEGAHAN :
Membasmi serangga vektornya dengan insektisida yang mempunyai kemampuan meluruhkan tepung lilin yang melindungi tubuhnya karena bila tepung lilin yang menyelimutinya tidak ikut luruh makan kutu kebul tidak akan mati atau sulit dibasmi.( natucide 100 ec selain meluruhka tepung lilin juga sangat efektif untuk kutu kebul dan kutu putih ). sejak dipersemaian bekali tanaman dengan menyemprot bibit pakai aktor-9 dan primavit sebanyak 1 ml per lt dan 2 ml per lt. Setelah pindah tanam umur 10 hst ulangi lagi penyemprotan akto-9 mix primavit ,dan pencegahan berikutnya dengan interval waktu 15- 20 hari sekali . Selain itu pemberian unsur makro dan mikro yang seimbang juga ikut menentukan daya tahan tanaman terhadap serangan virus ini. Tanaman tomat yang tercukupi unsur makro terutama Phospor dan Mikro terutama Zink tanman akan menjadi lebih tahan terhadap serangan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.