MANFAAT CACING TANAH UNTUK PERTANIAN

Cacing tanah adalah cacing yang berbentuk tabung dan tersegmentasi dalam filum anelida. Pada umumnya cacing tanah ditemukan hidup dalam tanah dengan memakan bahan organik hidup dan mati. Sistem pencernaan berjalan melalui panjang tubuhnya. Cacing tanah ini melakukan respirasi melalui kulitnya.cacing tanah memiliki sistem transportasi ganda terdiri dari  cairan selom yang bergerak dalam selom yang berisi cairan dan sistem peredaran darah tertutup. Memiliki saraf pusat dab perifer.
Sistem saraf pusat terdiri dari  ganglia atas mulut, satu dikedua sisi terhubung ke saraf berlari kembali sepanjang panjangnya ke neuron motor dan sel – sel sensorik disetiap segmen. Sejumlah besar kemoreseptor terkonsentrasi di mulutnya. Otot cacing melingkar dan longitudinal dipinggiran setiap segmen memungkinkan cacing untuk bergerak,set yang sama otot garis usus dan tindakan memindahkan makanan mencerna menuju anus.
Cacing tanah merupakan jenis hewan hermaprodit atau mempunyai dua kelamin jantan dan betina. cacing tidak memiliki kerangka internal atau eksoskeleton tetapi mempertahankan strukturnya dengan ruang ceolum cairan yang berfungsi sebagai sebagai rangka hidrostatik ( wikipedia ).

Adapun manfaat cacing tanah untuk lahan pertanian  meningkatkan infiltrasi air dan aerasi tanah. Lahan-lahan yang ”diolah” oleh cacing tanah membentuk terowongan yang dapat menyerap air sebesar 4 – 10 kali lahan yang tidak mengandung terowongan. dengan adanya terowongan2 ini dapat mengurangi aliran air permukaan, mengisi kembali sumber air tanah, dan membantu menyimpan lebih banyak air tanah untuk musim kering.dapat mengurangi aliran air permukaan, mengisi kembali sumber air tanah, dan membantu menyimpan lebih banyak air tanah untuk musim kering.Secara vertical cacing tanah menggali pipa udara lebih dalam ke dalam tanah, yang dapat merangsang siklus hara yang dibantu oleh mikroba pada lapisan tanah yang lebih dalam.
Bila jumlah populasi cacing tanah dalam jumlah yg besar pengolahan tanah yang membentuk galian-galian yang dilakukan oleh cacing tanah dapat menggantikan kebutuhan pengolahan tanah yang dilakukan mesin Cacing tanah memakan bahan tanaman mati yang ditinggalkan di lapisan atas tanah dan meredistribusi bahan organik dan hara tanaman di seluruh lapisan atas tanah. Senyawa organik yang kaya hara terdapat di sepanjang terowongan tersebut, yang dapat tetap berada di tempat tersebut selama bertahun-tahun jika tidak didistribusikan. selama musim kering berlangsung terowongan2 tersebut memungkinkan penetrasi akar tanaman yang lebih dalam menuju ke lapisan subsoil dengan kandungan air tanah yang lebih tinggi.Selain bahan organik, cacing tanah juga mengkonsumsi tanah dan mikroba tanah ketika mereka bergerak di dalam tanah.tanah yang mereka keluarkan dari sistem pencernaan mereka yang dikenal dengan nama ”casting”. Kandungan hara larut dari casting kemungkinan lebih tinggi dari pada kandungan hara dalam tanah tersebut. Jumlah populasi cacing tanah yang memadai dapat memproses 10.000 kg top soil (lapisan atas) per tahun. Cacing tanah juga mensekresikan zat perangsang tumbuh tanaman.

Peningkatan pertumbuhan tanaman pada tanah dengan aktivitas cacing tanah yang tinggi kemungkinan disebabkan oleh adanya zat pemacu tumbuh tersebut, tidak hanya untuk memperbaiki kualitas tanah. Cacing tanah tumbuh dengan subur pada tanah yang tidak diolah. Biasanya, semakin sedikit pengolahan tanah semakin baik, dan semakin dangkal pengolahan tanah semakin baik juga. Jumlah cacing tanah dapat berkurang sebanyak 90% dengan semakin sering dan semakin dalam pengolahan tanah. Pengolahan tanah mengurangi populasi cacing tanah dengan mengeringnya tanah tersebut, membenamkan residu tanaman di mana mereka hidup dengan itu, dan membuat tanah lebih memungkinkan untuk membeku. Pengolahan tanah juga merusak lubang lubang cacing tanah secara vertical dan dapat membunuh dan memotong cacing tanah. Jumlah cacing tanah dapat ditingkatkan dengan mengurangi pengolahan tanah, tidak menggunakan bajak singkal, mengurangi ukuran partikel residu, menambahkan pupuk kotoran hewan, dan menanam tanaman pupuk hijau.
Untuk segera memulihkan cacing tanah yang mati pada saat pengolahan menggunakan cangkul atau bajak singkal dapat menambahkan pembenah tanah IRENGAN . Pembenah tanah ini dapat mempercepat perkembangbiakan cacing tanah dengan cepat sehingga tanah pertanian menjadi lebih subur dan remah dan menyediakan oksigen tanah dengan cukup. Tanaman yang tumbuh diatasnyapun dapat tumbuh sehat dan subur sekaligus memiliki daya tahan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.